Minggu, 01 Maret 2015

Asal Usul Nama Kelurahan Gajah Sakti

(Duri, Riau). Anda yang tinggal di Duri pastinya sudah tahu dengan kelurahan Gajah Sakti. Lalu kok bisa disebut Gajah Sakti ya? Apa ada daerah itu ada gajah yang sakti ? yang bisa menyembuhkan orang sakit ? atau yang bisa mengabulkan sesuatu ?

Gajah adalah satwa dilindungi yang populasinya makin berkurang. Berdasarkan data dari Himpunan Pencinta Alam (HIPAM) Duri, populasi gajah di Mandau dan Pinggir tahun 2015 dibawah 30 ekor. Diprediksi, tahun 2020 gajah Mandau / Pinggir punah, duh...


foto: Prasasti Sumur Gajah ( instagram Roby Parman )

Menurut penuturan Hj. Yusnar (78 tahun), Gajah Sakti berasal dari dua kata, yaitu "Gajah" dan "Sati". Gajah Sakti berasal dari kejadian tewasnya seorang laki-laki bernama Sati oleh seekor gajah di lapangan Jl. Jawa sekitar tahun 1976. Waktu itu Hj. Yusnar mendapat kabar kematian itu dari Mak Majo, teman sekampung sesama perantauan di Duri. Sati (alm) adalah perantauan dari Panyalaian Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar Sumatera Barat yang berprofesi sebagai pedagang daging di pasar Duri. 

Diinjak gajah / ilustrasi (Wikipedia

Hj. Yusnar bercerita kronologis kejadian itu sebagai berikut. Ketika itu warga berkumpul di lapangan Jalan Jawa melihat seekor gajah liar, termasuk seorang pedagang daging di pasar Duri bernama Sati. Pada saat itu Sati mencoba dekati gajah liar itu dan kemudian menyodor-nyodorkan seikat bawang sambil berkata dalam bahasa Minang: "ko bawang di ang ah !.. ko bawang di ang ah !.." ("ini bawang untukmu !! ini bawang untukmu !!"). Entah karena merasa terancam atau hal lain, gajah mengejar Sati dan menginjak-injaknya hingga tewas.

foto: Sumur Gajah (instagram Roby Parman)
Sekarang dibangun Prasasti Sumur Gajah di Jl. Jawa Gg. Sumur Gajah. Prasasti ini terletak di pemukiman warga yang masih asri dengan pohon-pohon tinggi. Warga setempat mengakui air sumur ini tak pernah kering walaupun sedang kemarau dan digunakan warga untuk keperluan rumah tangga. Prasasti ini sudah direnovasi oleh pemerintah daerah agar terlihat lebih menarik tanpa merusak sumur, seperti pembangunan pagar dan patung gajah. (/adm) 

--------------------------------------

sumber:
http://riaulantang.com/read-gajah-di-mandaupinggir-diprediksi-punah-tahun-2020.html
www.instagram.com/robyparm

Related posts

Description: Asal Usul Nama Kelurahan Gajah Sakti Rating: 4.5 Reviewer: @info_DURI ItemReviewed: Asal Usul Nama Kelurahan Gajah Sakti
Citra Fauzan
Citra Fauzan Updated at: 11.06