Sabtu, 20 Oktober 2018

Asal Usul Nama 'Kopelapip'

DURI - Siapa yang tinggal di Kopelapip ? Sudah berapa lama ? Bagi warga jalan Aman, Kopelapip bukan hal yang asing. Nama itu menunjukkan suatu daerah di tikungan jalan Aman dengan sebutan 'Kopel'. Ada pintu akses untuk pejalan kaki masuk ke Camp CPI yang dinamakan pintu Kopel.


Foto 1: Kopelapip Duri (Google Maps 2018)


Oh iya, dari mana nama Kopelapip itu ?. Admin menggali informasi di internet dan menemukan beberapa petunjuk. Ada 2 versi asal kata Kopelapip, yaitu:

1. "Couple of Pipes", dibaca: kapels of paips yang artinya sepasang pipa. Kata itu jika dieja dengan logat Indonesia terdengar seperti 'ko-pel-la-pip'. Merujuk pada sepasang pipa Caltex yang tertanam di sisi jalan Aman (?). Benarkah ? Belum ada pihak yang konfirmasi terkait hal ini.


Foto 2: Pintu Kopel (Google Street View 2018)
2. "Kilang Kayu Kopelapip". Istilah ini kami temukan salah satu grup Facebook yang membernya banyak senior dan pensiunan pekerja migas di DURI. Member grup tersebut menyatakan bahwa Kopelapip adalah usaha kilang kayu di Duri saat Camp Caltex belum banyak dibangun, tentu kondisi Pematang Pudu saat itu masih hutan belantara. Jika hal ini benar, dimana lokasi kilangnya ? Apakah masih beroperasi atau hanya tinggal puing bangunan saja?



Foto 3. asal kata Kopelapip (Grup Facebook 2017)
Jika ditelusuri 'Kopelapip' di internet, Kopelapip adalah bagian sejarah kedirgantaraan Biro Rencana dan Konstruksi Pesawat di lingkungan Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara di Madiun (1946). Kopelapip dibentuk setahun sebelum Orde Baru berkuasa yaitu tahun 1964.


Kopelapip awalnya digadang-gadangkan sebagai mega proyek untuk memproduksi pesawat Fokker F27 secara lisensi tapi gagal akibat perubahan politik. Nasibnya yang tidak jelas ini lantas diambil alih TNI-AU dan berubah nama menjadi PT Chandra Dirgantara yang kemudian menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Bagaimana menurut Anda ?

(admin)

sumber:
https://www.instagram.com/p/Bc1-irngVAX
http://nationalgeographic.grid.id/read/13290941/sekelumit-kisah-perjalanan-dirgantara-indonesia?page=all
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160417201351-20-124543/sekelumit-kisah-suram-dirgantara-ri-di-tengah-gejolak-1966
http://www.bumn-swasta.web.id/2015/03/pt-dirgantara-indonesia-persero.html


Related posts

Description: Asal Usul Nama 'Kopelapip' Rating: 4.5 Reviewer: @info_DURI ItemReviewed: Asal Usul Nama 'Kopelapip'
Citra Fauzan
Citra Fauzan Updated at: 17.53