Kamis, 11 Oktober 2018

Jalan Alternatif Duri - Pekanbaru melalui Simpang Anggur Pinggir

(DURI). Siapa pun tidak ingin terjebak macet, termasuk mobilers Duri - Pekanbaru. Menjelang akhir tahun, biasanya ada proyek peningkatan dan perbaikan mutu jalan lintas di sepanjang Duri - Pekanbaru yang berimbas antrian panjang kendaraan. Harap maklum, jalan lintas Pekanbaru - Duri - Dumai adalah urat nadi sektor kelapa sawit. Ribuan truk hilir mudik mengangkut komoditi andalan Riau ini, baik dalam bentuk tandan buah sawit, crude palm oil (CPO), dan lain lain.

Jika semua pengendara mau tertib mungkin tidak akan ada macet berjam-jam. Kenyataannya, sering ditemukan pengendara yang coba memotong antrian namun akhirnya terjebak dan menjadi penyebab 'stuck' lalu lintas. Atau salah satu kendaraan besar mogok di dalam antrian, pengendara jadi tidak sabar dan mencoba saling salip, duh.. lalu lintas jadi kusut.



Foto 1. Pemasangan rambu jalur alternatif oleh Satlantas Polres Bengkalis (instagram @satlantaspolresbengkalis)


Salah satu jalur alternatif yang diinformasikan oleh Satlantas Polres Bengkalis  dan follower @infoduri adalah melalui jalan Caltex dari Simpang Anggur Kecamatan Pinggir, exit Kandis, Kabupaten Siak. Kami menerima peta jalan yang digambarkan secara manual (tulis tangan) dan ada juga yang digambarkan dengan grafis komputer. Pada peta digambarkan terdapat 3 simpang exit di Kandis, salah satunya adalah di simpang Ayu.



foto2. Peta manual



Foto 3. Peta grafis




Foto 4. citra satelit jalan alternatif (Google Maps)

Kondisi jalan umumnya non-aspal sirtu (pasir batu) dengan perkebunan sawit di sisi jalan. Rutenya pun cocok dengan Google Maps dan sudah tersedia di Google Street View. Namun perlu diingat, jalur ini tidak direkomendasikan untuk dilalui pada malam hari karena sepi dan gelap.


Foto 5. Jembatan Caltex Sungai Sam Sam (Google Street View)
Jalur yang biasanya untuk operasional PT Chevron dan perkebunan sawit ini hanya layak untuk kendaraan maksimal roda empat. Hati-hati, beberapa titik di jalur ini berlubang, perlu driving skill dan kecermatan berkendara agar selamat sampai tujuan. (admin)






Related posts

Description: Jalan Alternatif Duri - Pekanbaru melalui Simpang Anggur Pinggir Rating: 4.5 Reviewer: @info_DURI ItemReviewed: Jalan Alternatif Duri - Pekanbaru melalui Simpang Anggur Pinggir
Citra Fauzan
Citra Fauzan Updated at: 11.49